The Legend is Mine!!!! Altec Lansing MX5021 mod

Akhirnya aku memiliki juga sang legenda yg sejak dari dulu aku incar, MX5021. Tidak pakai lama langsung di bongkar habis buat upgrade beberapa part didalamnya.

Part pertamax yg di sasar buat dilengser adalah Elco PSU. Menurut saya ini adalah “jantung” yg berfungsi buat memompa supaya sistem audio mampu optimal performanya.

Elco bawaan Altec saya rasa kurang mendukung, dari 4700uF/50volt, 2200uF/35volt, dan 1000uF/16volt (all made by “SAMXON”) saya ganti dengan kapasitas yg lebih besar 12000uF/50v (Elna for Audio), 4700uF/50volt (Elna for Audio), dan 1000uF/50volt(nichicon MUSE)

berhubung bentuk fisik dari elco pengganti besar dan tidak memungkinkan buat di pasang langsung di board maka saya buatkan tempat baru buat elco tersebut di sisi samping. Konsekuensinya adalah membobok kotak plastiknya. Untuk merekatkannya saya pergunakan sealer (biasa buat seal aquarium). Pertimbangannya kenapa saya tidak memakai lem tembak (hot glue) adalah saat beroperasi/speaker-nya aktif tentunya panas yg dihasilkan mungkin mampu melelehkan lem tersebut dan membuatnya jadi terlepas.

kemudian dilem dengan sealer

untuk nichicon MUSE 1000uF/50volt kebetulan masih bisa masuk di boardnya sehingga tidak perlu dibuatkan dudukan baru.

Part keduax yg menjadi korban adalah IC op-amp ST 4558C. Saya lepas op-amp tersebut dan kemudian saya pasangkan socket sehingga jika mau mengganti2 op-amp dengan tipe lain bisa lebih mudah. Untuk saat ini sebagai penggantinya saya pergunakan OP270 dari rencana awal mau memakai BurrBrown OPA2134PA. Untuk capasitor coupling dan power supplynya saat ini belum saya ganti karena belum menemukan tipe yg saya inginkan.

Part ketigax yg saya lengserkan adalah kabel2. Kabel yg dari arah subwoofer saya ganti dengan kabel dengan kabel SATA. dan untuk kabel dari source dan satelite menggunakan kabel set dari CANARE.

kabel bawaan dari sub-woofer di cabut beserta konektornya.

Kabel pengganti dari kabel SATA dan diberi konektor baru.

Untuk kabel2 koneksi yg lain di ganti juga dengan CANARE

Untuk satellite-nya untuk sementara belum terjamah, next stage adalah mengoprek satellite dan mengganti capasitor coupling dan power supply op-amp.

Setelah upgrade beberapa komponen tersebut dirasa ada perubahan yg sangat besar di bagian suara vokal. Tweeter yg biasanya terlalu menusuk dan cenderung bikin sakit telinga menjadi lebih jinak. Vokal juga keluar dengan matang tapi tidak sampe gosong.

Untuk testing memutar movie dipergunakan film Transformer 1 dengan kualitas HDDVD 720p x264 (mkv) dengan files sebesar 6,8 giga. Suara2 yg tadinya keluar menyakitkan telinga sekarang jadi lebih adem dan bahkan beberapa suara yg tadinya tidak keluar bisa muncul dengan sukses (suara desingan baling2 helikopter Blackout bisa muncul dengan baik padahal tadinya sebelum di upgrade tidak muncul, yg muncul cuman suara baling2 saja) dan masih banyak suara2 lain yg tadinya tidak muncul bisa muncul. Amazingggg…..!!!!

sebagai bahan acuan :

– Elco Elna for Audio 12000uF/50volt = @ 40rb

– Elco Elna for Audio 4700uF/50volt = @ 15rb

– Elco nichicon MUSE 1000uF/50volt = @ 9rb

– IC OP-AMP OP270 = @ 65rb

– Kabel CANARE source (tipenya lupa,soalnya udah kebungkus sama stockingnya lupa nyatet) = 20rb/meter

– Kabel CANARE satellite 2S7F = @ 20rb

– jack CANARE 3,5mm = @50rb

This entry was posted in lagi iseng. Bookmark the permalink.

9 Responses to The Legend is Mine!!!! Altec Lansing MX5021 mod

  1. Andri says:

    sebaiknya anda tulis sumber anda dari mana?…. karena mod untuk mx 5021 tidak pertama kalinya saya lihat disini…. bagaimana km menentukan semua komponen diatas?… apakah ada hitungannya?…

    • ompympah says:

      Prinsip dari recap adalah mengganti dengan capasitor yg lebih baik. Kalau masalah besarnya kapasitas semakin semakin baik, asal jangan diganti dengan kapasitas yg lebih kecil saya rasa gak masalah.
      Untuk kabel interkoneksi juga demikian.

  2. ipanase says:

    wah,,,,dapet barang2 elco josssss itu dari mana,,ane cari susah,
    sip lah
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/02/08/diy-pasang-sendiri-spull-toa/

  3. budi says:

    gan itu trafo’a diganti gak????
    klo gak trafo’a spek’a gmn???
    thnks’

  4. Ronny says:

    Om, bisa minta tolong MOD kan MX5021 pnya saya? Minta no HP nya dunk.

  5. Anton sien says:

    gan 4700/50v elna for audio, 4pcs berapa harganya?

  6. barakuda says:

    gan kenapa subwoofer dipakaikan kabel sata? pengaruhnya yg berubah apa saja? apa pengaruh ke suara yg dihasilkan oleh tweeter nya juga?

Leave a comment